THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Selasa, 10 Februari 2009

Bahaya Minuman Bersoda



GuYs. .tw Gk seEhh. .klu TerNyaTa minumAn Soda ItYu berBahAyA lhoo. .

Mau tAu KenApa beRbahAya????

BAca DuNkz yG kiTA temukAn iNi. .
Ini merupakan hasil dari studi terkini tentang efek dari minuman bersoda yang dipublikasikan dalam Academy of General Dentistry (AGD). Selama ini minuman bersoda sering dihindari oleh mereka yang takut gemuk karena kandungan gula di dalam minuman ini. Namun ternyata masih ada bahaya lain yang mengintai, yakni kerusakan enamel gigi. Demikian kesimpulan yang dihasilkan tim peneliti dari Southern Illinois University School of Dental Medicine.

Kerusakan enamel yang diakibatkan tidak main-main. Dalam tiga menit setelah kita meminum soda, terjadi pengikisan enamel 10 kali lebih kuat dibandingkan dengan minuman jus buah. Menurut para ahli, kandungan asam sitrat yang terdapat dalam segala jenis minuman soda menjadi biang keladinya.

Dalam risetnya, para ahli mengukur tingkat keasaman atau pH dari 20 jenis softdrink yang beredar di AS, seperti Coca Cola, Pepsi, 7up, dan lain-lain, segera setelah tutup kaleng dibuka. Lalu sepotong kecil enamel gigi dicelupkan di dalamnya. Setelah 48 jam enamel tersebut ditimbang untuk mengetahui jumlah perbedaan berat sebelum dan sesudah dicelupkan.

Hasilnya, gigi yang dicelupkan ke dalam Coke, Pepsi, RC Cola, Surge, 7 Up dan Diet 7 Up, kehilangan berat lima persen. Sedangkan minuman soda lainnya menyebabkan penurunan berat enamel antara 1,6 - 6 persen.

Menurut juru bicara AGD, Kenton Ross, minuman bersoda yang paling tinggi kadar asamnya adalah RC Cola dengan jumlah pH 2,387 (kadar pH berkisar dari 0-14, dengan nilai 0 merupakan yang paling asam). Peringkat kedua adalah Cherry Coke dengan kadar pH 2,522 dan ketiga adalah Coca Cola dengan kadar 2,525.

Sebagai perbandingan zat asam yang terdapat pada beterai adalah 1,0 dan air murni pada suhu ruangan memiliki pH 7,0. Menurut tim peneliti, dari hasil riset ini diketahui bahwa tingkat keasaman yang dikandung dalam minuman bersoda bukanlah penyebab utama erosi gigi. Jenis zat asam dalam soda, kadar dan kandungan kalsium juga menjadi faktor. Asam sitrat merupakan zat asam yang paling kuat mengikis enamel dan banyak ditemukan dalam softdrink.

GiMAna??? skRAng udH TAu kan. .Klu miNUm mInuman BersOda ItYu baHaYA BAngeT. .LewAt Apa YAng KIta TuliS ini KiTa berharap SupaYA temen" smUa Mulai menGUrangi KeBiaSaaN Minum YG seRBa BerSodA. .OK!

0 komentar: